India Jadi Juara Ekonomi Asia 2024 versi ADB dan IMF

By Admin


JAKARTA -- Asian Development Bank (ADB) dan Dana Moneter Internasional (IMF) menobatkan India sebagai kampium ekonomi Asia untuk 2024, dengan perkiraan pertumbuhan ekonomi tercepat di kawasan.

ADB dalam Asian Development Outlook edisi Juli 2024, mempertahankan proyeksi pertumbuhan ekonomi India di level 7% pada tahun ini dari perkiraan sebelumnya, April 2024. Pada 2025 pun ADB perkirakan ekonomi India akan tumbuh menjadi 7,2%.

"Proyeksi untuk India, perekonomian dengan pertumbuhan tercepat di kawasannya, juga tidak berubah pada 7,0% untuk tahun fiskal 2024," tulis ADB dalam ADO edisi Juli, dikutip Rabu (17/7/2024).

ADB menganggap, sektor industri India "akan tumbuh mantap, didorong oleh manufaktur dan permintaan kuat di sektor konstruksi."

Sektor pertanian India pun mereka perkirakan meningkat kembali di tengah prakiraan musim hujan dengan curah hujan yang lebih tinggi daripada normal, sedangkan permintaan investasi masih kuat, yang dipimpin oleh investasi publik.

Sementara itu, IMF merevisi ke atas proyeksi pertumbuhan ekonomi India. Dalam World Economic Outlook edisi Juli 2024, mereka memperkirakan pertumbuhan ekonomi India akan tumbuh 7%, lebih cepat dari perkiraan pada April 2024 sebesar 6,8%.

Pertumbuhan ekonomi ini bahkan IMF dasar dari kuatnya geliat konsumsi di daerah pedesaan India. Di samping kuatnya kinerja ekspor negara itu.

"Perkiraan pertumbuhan di India telah direvisi naik, menjadi 7%, pada tahun ini. Perubahan tersebut mencerminkan peralihan dari revisi ke atas ke pertumbuhan pada 2023 dan membaiknya prospek konsumsi swasta, khususnya di daerah pedesaan," tulis IMF dalam dokumen proyeksinya.

Sementara itu, pada 2025, IMF perkirakan ekonomi India hanya akan tumbuh 6,5% seiring dengan perlambatan ekonomi global secara keseluruhan pada tahun itu. (*)